Thursday, May 31, 2012

Netbook atau Notebook?

Netbook and Notebook


Mana yang paling tepat untuk Anda: Netbook atau Notebook?
Netbook super ringan, harganya sangat terjangkau, dan mudah dibawa-bawa. Notebook ukurannya lebih besar, dengan performa lebih baik—dan harganya juga lebih mahal. Berikut ini dibahas tentang apa yang perlu Anda ketahui untuk dapat mengambil pilihan yang cerdas dan hemat biaya.



Ringan vs. Super Ringan
Kedua jenis PC tersebut didesain agar memudahkan Anda dalam perjalanan, namun jelas ada perbedaan antara netbook yang super ringan dan notebook yang lebih besar.

Netbook
Dengan Netbook Anda dapat menggunakan komputer saat bepergian. Beratnya kurang dari 2 kilogram, ukuran layar 12 inci atau kurang, netbook dapat dengan mudah masuk ke dalam ransel atau tas Anda, atau bahkan dapat dengan mudah ditenteng dengan satu tangan. Namun jika Anda akan menentengnya sepanjang hari, jelas ini perlu dipertimbangkan.

Ukuran Netbook lebih kecil, dan lebih cocok untuk penggunaan berbasis web, karena biasanya tidak tersedia drive CD atau DVD. Prosesor di dalamnya hemat energi dan efisien daya, oleh karena itu biasanya hanya mampu menjalankan lebih sedikit program yang dibuka secara bersamaan.

Jika gaya hidup Anda mengandalkan web, seperti blogging utuk pekerjaan atau hanya sebagai hiburan, netbook adalah pilihan yang tepat. Lebih sedikit hardware berarti konsumsi daya lebih sedikit, jadi netbook memiliki umur pemakaian baterai yang lebih lama, tahan hingga dua belas jam tanpa diisi ulang daya. Jika komputer yang super ringan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda, pasti ini menjadi pilihan yang tepat.

Notebook
Ukuran Notebook lebih besar, dengan keyboard dan layar yang lebih lebar, drive DVD internal, dan fitur komputasi lebih lengkap. Beratnya lebih dari 2 kilogram, notebook didesain untuk mengedit file video super besar, membuat grafis, atau mengelola perpustakaan musik berukuran besar. Ingat, dengan teknologi yang lebih canggih, maka memerlukan lebih banyak kekuatan (untuk membawanya) dan mengkonsumsi lebih banyak listrik (untuk menyuplai daya).

Hard drive notebook yang lebih besar lebih kuat dan lebih cepat, dapat menyimpan sejumlah besar konten sekaligus mudah menjalankan program-program dengan data berukuran besar. Jika Anda memprioritaskan kekuatan daripada kenyamanan, maka notebook menjadi pilihan yang lebih tepat.
LCD Umur Pemakaian Baterai

Terdapat perbedaan yang jelas antara ukuran layar LCD dan durasi ketahanan baterai. Jika Anda memprioritaskan layar yang lebar, maka pilihlah notebook. Ingat, ukuran layar yang semakin lebar berarti durasi ketahanan baterai juga semakin singkat.
Daya vs. Kenyamanan: Pilihan Ada di Tangan Anda

Apakah Anda membuat konten atau menggunakannya? Jika Anda memerlukan alat yang menawarkan "kelengkapan" dari segi performa, maka pilihlah notebook. Jika Anda ingin tetap ringkas dibawa-bawa saaat bepergian, maka netbook adalah pilihan yang tepat.

No comments:

Post a Comment