Thursday, February 9, 2012

tips mencegah kepikunan



abdiwiyono.blogspot.com

Penyakit demensia atau kepikunan khususnya demensia Alzheimer dipekirakan makin meningkat di zaman modern ini. Data di kawasan Asia Pasifik memperkirakan, jumlah penderita demensia bakal melonjak dua kali lipat dan lebih cepat pada 2025


Demensia yang disebabkan Alzheimer biasanya diderita oleh pasien uisa lanjut di atas 60 tahun. Demensia Alzheimer merupakan salah satu bentuk demensia akibat degenerasi otak yang sering ditemukan dan paling ditakuti. Alzheimer merupakan penyebab demensia terbanyak yaitu sekitar 60 hingga 70 persen dari seluruh kasus demensia.
Organisasi Alzheimer Internasional, yang mewakili 77 Asosiasi Alzheimer di seluruh dunia termasuk AAzi, mencatat sekitar 4,6 juta kasus demensia baru dilaporkan di dunia saat ini, tahun 2050, jumlah penderita demensia diproyeksikan mencapai 100 juta orang di seluruh dunia.
Namun hal yang paling gawat sobat, kepikunan tidak hanya terjadi pada para orang yang telah lanjut usia( lansia ) saja, tetapi sering juga lho terjadi pada para usia muda. Hal ini disebabkan karena kemampuan perkembangan otak yang semakin menurun, sehingga otak tidak mampu bekerja secara baik. Dengan begini biasanya otak tidak dapat mengolah informasi yang diberikan, sehingga otak hanya mampu mengingat sedikit sekali dari informasi yang diberikan.
Menjaga otak agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari kepikunan adalah hal penting.

Berikut ada beberapa tips untuk mencegah Kepikunan atau Alzhaimer,…..!!
1.   Biasakan bersosiaisasi dengan orang disekitar (orang yang penyendiri cenderung cepat pikun)
2.   Biasakan menghitung dengan cara manual dibanding dengan kalkulator.
3.   Buat catatan untuk hal-hal yang menurut kita penting.
4.   Jaga pola makan.
5.   Rajin berolahraga.
6.   Bermain music. Music bisa membantu merangsang perkembangan otak.
7.   Jangan terlalu banyak tidur.

Ok… Sobat,! semoga tips-tips diatas bermanfaat…..!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment