Saturday, June 2, 2012

Sepintas Tentang Ethernet Splitter



Mungkin tidak sedikit dari Anda yang belum tahu tentang apa itu Ethernet Splitter. Langsung saja saya browsing tentang topik ini
Enhernet  Splitter

Ethernet Splitter adalah sebuah alat yang memungkinkan kita menghubungkan 2 (dua) komputer (perangkat network lainnya) ke dalam jaringan LAN kabel hanya dengan menggunakan sebuah kabel LAN. Dengan kata lain, kita bisa menghubungkan 2 komputer ke hub, switch atau router melalui 1 kabel LAN saja. Alat ini juga sering disebut dengan Ethernet cable splitter atau LAN splitter.

Mungkin Anda pernah mempunyai pengalaman menambahkan sebuah komputer lagi ke dalam jaringan LAN kabel, namun tidak memungkinkan lagi untuk menambah kabel oleh karena tidak mempunyai kabel yang cukup untuk itu. Untuk membeli kabel baru, mungkin dana belum cukup. Mengingat harga per-meter dari kabel CAT-5 yang biasa digunakan dalam jaringan LAN cukup mahal.
Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan alat yang benama Ethernet Splitter untuk menambah sebuah komputer kedalam jaringan tanpa harus menambah kabel LAN. Seperti yang telah saya sebutkan di atas alat ini memungkinkan kita untuk menghubungkan 2 komputer ke jaringan LAN hanya dengan 1 kabel.
Ethernet splitter harus digunakan secara berpasangan. Jika hanya menggunakan 1 (satu) buah, maka tidak akan bekerja. 1 (satu) splitter digunakan pada ujung kabel yang akan terhubung ke hub atau switch dan 1 (satu) lagi pada ujung kabel yang akan terhubung ke komputer.

No comments:

Post a Comment