Saturday, August 18, 2012

Google Translate For Android Bisa Menterjemahkan Bahasa Asing Lewat Foto


Versi terbaru applikasi Google Translate untuk Android kini semakin canggih dengan memudahkan user untuk menterjemahkan bahasa asing yang mereka temui di kehidupan sehari-hari seperti informasi tanda jalan, nama toko, billboard, halaman suatu buku, dst cukup dengan menfotonya.

Cara penggunaannya cukup dengan menfoto teks yang ingin diterjemahkan dengan kamera, setelah itu blok / pilih kalimatnya,tap layar hp dan dalam beberapa saat hasil translate akan langsung tampil di layar handphone.
Fitur diatas ditenagai oleh teknologi OCR (optical character recognition) yang mampu membaca teks yang ada di image foto. Saat ini bahasa yang didukung adalah Czech, Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol dan Turki; sementara bahasa lainnya sedang dikembangkan. (note: hanya support Android 2.3 keatas)
Selain fitur tersebut, di update Google Translate for Android terbaru telah ditambahkan juga fitur instant translationyang langsung menterjemahkan kalimat saat ditulis (mirip versi desktop), mendukung input penulisan banyak aksara Jepang secara bersamaan, dan juga pilihan penggunaan dialek untuk bahasa Inggris, Mandarin, dan Arab pada fiturspeech translation.

No comments:

Post a Comment