Sunday, September 16, 2012

Valentino Rossi Puas Dengan Performa Rangka dan Swingarm Baru

Valentino Rossi

Valentino Rossi merasa cukup puas dengan performa rangka dan swingarm baru motor Desmosedici GP12 yang bakal ia pakai pada balapan kandang yang diselenggarakan di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli pada Hari Minggu.


Rossi akan memulai balapan dari grid keenam usai mencetak waktu terbaik 1.34.619 dengan gap 0.7 detik dari Dani Pedrosa yang menjadi polesitter.
Valentino Rossi menjelaskan kalau rangka dan swingarm baru yang telah ia uji coba sejak melakoni tes di Misano memberikan stabilitas ban depan dan belakang yang membuatnya bisa memasuki tikungan dengan lebih baik.
Pembalap Ducati yang memakai helm baru pada akhir pekan ini tersebut berkata: ”Pertama, kami bisa melakukan modifikasi banyak posisi di bagian depan, jadi feeling dan stabilitas yang kami dapat lebih baik. Kedua, kami mencoba untuk memperbaiki stabilitas belakang saat memasuki tikungan, yang mana area tersebut biasanya selalu kami keluhkan, sementara saat ini sepertinya kami bisa melakukan perbaikan.”
Sesi kualifikasi merupakan kesempatan pertama bagi seluruh pembalap MotoGP untuk melakukan latihan di atas lintasan kering. Ini dikarenakan tiga sesi latihan bebas berjalan pada kondisi yang kurang ideal akibat guyuran hujan.
Untuk itulah, sesi kualifikasi berjalan dengan ketat karena para pembalap sibuk menyelesaikan pekerjaan yang belum sempat dilakukan saat free practice, dan Valentino Rossi memperkirakan para pembalap akan memperbaiki kecepatan mereka pada sesi warm up yang diperkirakan akan berlangsung pada kondisi cuaca cerah.
Rossi berkata: “Tetapi saya yakin pembalap lain akan melakukan sebuah langkah perbaikan, dan mereka akan melaju lebih cepat sejak warm up. Jadi, kami harus melakukan hal yang sama.”
Valentino Rossi belum mengetahui apakah pemakaian rangka dan swingarm baru tersebut akan menghemat ban dan membuatnya dapat mempertahankan grip dan kecepatan pada lap-lap akhir balapan. The Doctor juga memperkirakan terjadinya duel ketat pada balapan yang berlangsung selama 28 lap antara Crutchlow, Bradl, Bautista dan Ben Spies.
“Lap time yang kami dapat mirip dengan yang kami peroleh saat melakukan tes, walaupun kondisinya berbeda. Namun soal performa, cukup baik. Saya kehilangan waktu pada sejumlah area bila dibandingkan saat melakoni tes, tetapi pada saat yang sama, saya juga melaju lebih cepat di beberapa bagian sirkuit yang lain. Sepertinya kami bermasalah terhadap akselerasi karena saya mengalami spinning terlalu banyak, jadi jika kami bisa menemukan lebih banyak traksi maka kami bisa melaju lebih kencang,” kata Rossi.
Meskipun Valentino Rossi hanya menargetkan untuk finish enam besar, akan tetapi Cal Crutchlow waspada terhadap pergerakan Rossi yang bisa menggagalkan niatnya untuk berdiri di atas podium, apalagi para pembalap seakan “buta” dengan trek Misano karena kurangnya waktu untuk melakukan latihan sehingga jalannya balapan bisa keluar dari prediksi. Cal Crutchlow mengatakan: “Jangan lupakan Rossi yang melakukan tes di sini selama dua hari, dan hanya karena dia tidak bisa mencetak catatan waktu yang cepat bukan berarti dia tidak berada di depan pada akhir race.”

No comments:

Post a Comment